Home / Kanker Serviks / Mengenal lebih dalam Kanker Serviks Stadium 4

Mengenal lebih dalam Kanker Serviks Stadium 4

Jika Anda mencari penjelasan yang dapat memperkenalkan kanker serviks stadium 4 lebih jauh, maka Anda berada pada artikel yang tepat. Selamat membaca.

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi wanita Indonesia setelah kanker payudara. Jenis kanker ini terlihat pada organ leher rahim wanita. Untuk mengetahui tingkatan penyakit ini, dokter menggunakan tingkatan berupa stadium. Stadium pada kanker serviks menentukan sejauh mana sel kanker telah menyebar di tubuh pasien. Stadium paling akhir pada kanker ini yaitu stadium 4. Kanker serviks stadium 4 atau dikatakan juga sebagai stadium lanjut adalah stadium yang tingkatannya sudah paling tinggi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis penyakit ini, berikut merupakan informasinya.

Ciri Kanker Serviks Stadium 4

Sebenarnya, kanker serviks dapat diobati lebih cepat jika pendeteksiannya telah dilakukan sejak dini. Sayangnya, di negara berkembang seperti Indonesia sering sekali terjadi kasus pendeteksian kanker serviks yang tergolong terlambat sehingga pengobatan pun sedikit harus ekstra lebih besar. Bahkan ada pasien yang telah mencapai stadium 4. Untuk mengenal sejak dini penyakit ini, berikut beberapa gejala kanker serviks stadium 4.

  • Biasanya pasien mengalami penurunan berat badan yang relatif sangat cepat.
  • Merasakan dirasa mengalami kurangnya nafsu makan serta kondisi tubuh yang lemah.
  • Saat buang air besar atau kecil, muncul rasa sakit yang tidak wajar.
  • Timbul rasa sakit pada tubuh bagian panggul.
  • Ketik sedang tidak mengalami menstruasi atau menjelang menopause, terjadi pendarahan yang cukup hebat.
  • Jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, maka tubuh akan merasa sakit dan tidak enak.

Pengobatan Kanker Serviks Stadium 4

Selain ciri-ciri diatas, Anda juga harus mengetahui mengenai pengobatan kanker serviks stadium 4 berikut ini

  1. Stadium 4A

Pada tahap kanker serviks stadium 4a ini, keadaan sel kanker sudah sampai menyebar ke organ lain yang dekat dengan leher rahim. Misalnya saja rektum atau kantung kemih. Namun, tidak sampai ke kelenjar getah bening. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan kombinasi radioterapi dan kemoterapi. Pada kasus ini, radioterapi eksternal yang akan dilakukan menghabiskan waktu 5 hari berurutan dalam jangka seminggu selama lima minggu. Setelah itu akan dilakukan radioterapi internal pada akhir pengobatan. Pun, harus dilakukan pula kemoterapi yang akan dilakukan sekali dalam seminggu selama dua sampai tiga minggu. Semuanya bergantu pada kinerja obat kemoterapi yang sebelumnya telah diberikan.

  1. Stadium 4B

Pada stadium 4b, sel kanker telah menyebar sampai ke organ tubuh bagian lain seperti tulang, paru-paru, bahkan ke hati. Pada tahapan ini, masih belum banyak pasien yang dapat disembuhkan. Namun, dapat dilakukan pengobatan kemoterapi dan paliatif yang dilakukan untuk meringankan efek samping dari segala jenis pengobatan yang pernah dilakukan dan juga meringankan gejala kanker yang ada. Pun, pengobatan kemoterapi yang dilakukan pada penderita kanker serviks stadium 4 ini bukan untuk penyembuhan melainkan sebagai terapi paliatif saja.

Pencegahan Kanker Serviks

Setelah mengetahui beberapa fakta diatas, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker serviks.

  1. Setia pada pasangan dan lakukan pemeriksaan rutin.

Salah satu penyebab penyakit ini adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Memilih untuk setia kepada pasangan akan mengurangi resiko terpapar virus ini.

  1. Melakukan Vaksin HPV

Telah diketahui bahwa salah satu penyebab penyakit ini adalah virus HPV. Oleh karena itu, vaksin yang dilakukan akan mengurangi kemungkinan terpapar virus ini. Vaksin ini sudah dapat dilakukan saat mencapai umur 12 atau 13 tahun.

  1. Hentikan merokok

Meskipun rokok bukan penyebab timbulnya virus ini, namun bagi perokok yang memiliki imunitas rendah dapat meningkatkan kemungkinan terpapar virus ini.

Beberapa informasi mengenai kanker serviks stadium 4 diatas semoga dapat memberikan gambaran bagi Anda tentang penyakit ini. Semoga bermanfaat dan semoga hari Anda menyenangkan.

Artikel Rekomendasi

penyakit kelamin wanita

Penyakit Kelamin Wanita Khususnya Keputihan

Apa Gejala Infeksi Vagina? Gejala dari infeksi vagina dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkan …

kanker ovarium

Berbagi Cerita: Kanker ovarium dan sudah menyebar ke payudara dan tulang punggung

Halo…aku rekomendasi mama kamu berobat ke yayasan tempat aku berobat…aku juga mengidap kanker ovarium dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Obat Kanker by WA
%d bloggers like this: