Home / Tentang Kanker / Hari Kanker Sedunia; Sejarah dan Kenali Penyebabnya!

Hari Kanker Sedunia; Sejarah dan Kenali Penyebabnya!

HARIKANKERduniA

Ketika membicarakan penyakit mematikan yang sulit untuk disembuhkan, apa yang akan terlintas di benak Anda? Ya, pasti salah satunya penyakit kanker, bukan? Berdasarkan data World Health Organization (WHO), terdapat lebih dari 17 juta jiwa meninggal sejak tahun 2008 akibat kanker secara global. Data tersebut juga menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap penderita kanker sejak tahun 2015. Inilah mengapa mulai muncul kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mencegah dan menangani penyakit kanker, salah satunya dengan memperingatinya secara internasional. Tapi, tahukah kamu kapan hari kanker dunia dan bagaimana sejarahnya?

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Pada 4 Februari 2000 diadakan Konferensi Kesehatan ‘World Summit Against Cancer for the New Millenium’ di Paris yang dihadiri WHO, Union for International Cancer Control (UICC atau Serikat Pengendalian Kanker Internasional), International Agency for Research on Cancer (Badan Penelitian Kanker Internasional), dan pihak-pihak lainnya yang peduli akan pengurangan angka penyakit kanker. Melalui konferensi tersebut, mereka bersepakat untuk mendukung segala kegiatan UICC untuk mempromosikan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker. Kegiatan promosi ini diharapkan dapat mencegah masyarakat terserang penyakit kanker dan mengurangi angka pasien kanker secara global. Pada konferensi tersebut, diadopsi Piagam Paris sekaligus menandai disepakatinya tanggal 4 Februari sebagai hari kanker dunia.

Diperingatinya hari kanker dunia setiap tahunnya menandai keprihatian dunia akan penyakit kanker yang kini telah menyerupai epidemi dunia. Bagaimana tidak? Penyakit kanker bisa menyerang seluruh organ tubuh, mulai dari kanker otak, kanker paru, kanker payudara, kanker serviks, leukemia, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, khusus pada tahun 2016-2018, tema hari kanker menggunakan slogan “We Can, I Can”. Melalui tema ini, diharapkan setiap individu masyarakat di dunia dapat melakukan pencegahan penyakit kanker secara bersama-sama. Dimulai dari sadar akan faktor resiko penyebab kanker, maka diharapkan masyarakat akan mulai melakukan deteksi dini dan langkah-langkah pencegahannya.

Apa Saja Faktor Resiko Penyebab Kanker?

Sejarah hari kanker sedunia ini, diharapkan masyarakat semakin sadar bahwa bahaya penyakit kanker harus diwaspadai. Apakah Anda tahu apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker? Ya, jawabannya adalah sebagai berikut.

  • Merokok. Salah satu faktor utama penyebab 20% kematian pasien kanker di dunia adalah karena rokok, bukan hanya perokok aktif, tetapi perokok pasif juga. Selain itu, 70% kematian akibat kanker paru-paru juga disebabkan oleh rokok.
  • Infeksi virus. Virus hepatitis C, hepatitis C, dan virus papilloma berkontribusi pada 20% kematian kanker, terutama di negara-negara ekonomi rendah. Hampir 70% kematian akibat kanker di dunia terdapat di negara-negara tersebut seperti Afrika, Asia, dan Amerika Latin.
  • Pola hidup yang tidak sehat. Tidak hanya kanker, pola hidup yang tidak sehat juga memicu penyakit-penyakit lainnya. Contohnya, kurangnya aktivitas fisik, mengonsumsi alkohol dan rokok secara berlebihan, kurangnya mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan penelitian para ahli, kematian akibat kanker dapat dicegah hingga 30% apabila kita mau mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Selain itu, selalu disarankan pula untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk deteksi dini penyakit kanker. Semakin dini ditangani, maka semakin rendah resiko kematian akibat kanker. Tidak hanya sekedar memperingati hari kanker dunia setiap tahunnya saja, tetapi Anda lebih diharapkan untuk paham dan mempraktekkan langkah-langkah pencegahan kanker.

Artikel Rekomendasi

penyakit kelamin wanita

Penyakit Kelamin Wanita Khususnya Keputihan

Apa Gejala Infeksi Vagina? Gejala dari infeksi vagina dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkan …

kanker ovarium

Berbagi Cerita: Kanker ovarium dan sudah menyebar ke payudara dan tulang punggung

Halo…aku rekomendasi mama kamu berobat ke yayasan tempat aku berobat…aku juga mengidap kanker ovarium dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Obat Kanker by WA
%d bloggers like this: